Kamis, 06 Januari 2011

POWER POINT


PowerPoint 2010 (manfaat dan keunggulannya)

  1. Membawa lebih banyak energi dan dampak visual presentasi Anda.
Hemat waktu dan uang dengan menerapkan efek foto yang canggih tanpa menggunakan tambahan software photo-editing program. Mengubah foto Anda menjadi menarik, bersemangat visual dengan menggunakan gambar yang baru dan fitur pengeditan yang lebih baik seperti saturasi warna dan suhu, kecerahan dan kontras, dan alat potong gambar yang maju, bersama dengan filter artistik seperti kabur, kuas, dan cat air.
  1. Bekerja dengan orang lain tanpa harus menunggu giliran Anda.
    PowerPoint 2010 telah mengubah cara orang dapat bekerja sama dalam presentasi. Dengan co-authoring, Anda dapat sekaligus mengedit presentasi yang sama dengan individu-individu di lokasi yang berbeda. Anda juga dapat menggunakan Office Communicator atau aplikasi pesan instan Anda untuk melihat ketersediaan orang lain yang authoring presentasi dengan Anda dan mudah memulai percakapan tanpa meninggalkan PowerPoint. 2
  2. Menambah pengalaman video pribadi.
     
Embed dan mengedit file video langsung dalam PowerPoint 2010. Mudah memangkas video Anda untuk hanya menampilkan bagian-bagian yang relevan. Bookmark poin kunci dalam sebuah video untuk akses cepat atau memicu animasi untuk memulai secara otomatis ketika mencapai orang yang ditandai. Anda juga dapat mengatur video yang akan memudar kedalam dan keluar pada interval tertentu dan menerapkan berbagai gaya dan efek video-seperti refleksi, bevels, dan 3-D putaran-untuk membantu Anda dengan cepat menangkap perhatian audiens.
  1. Bayangkan just-in-time show dan katakan.
    Siarankan secara langsung presentasi PowerPoint 2010 Anda dengan mengirimkan URL sehingga orang dapat melihat presentasi Anda di Web. Audiens Anda melihat slide dalam kesetiaan tinggi, bahkan jika mereka belum menginstal PowerPoint. Anda juga dapat mengubah presentasi Anda ke dalam sebuah video berkualitas tinggi dengan narasi untuk berbagi dengan siapa saja melalui e-mail, melalui Web, atau di DVD.
  2. Mengakses presentasi dari lebih banyak lokasi dan lebih banyak perangkat.
    Postingkan presentasi Anda online dan kemudian akses, lihat, dan edit mereka dari Web3 atau Mobile-smartphone.4 Anda yang berbasis Windows. Dengan PowerPoint 2010, Anda dapat memperoleh hal-hal yang dilakukan sesuai jadwal Anda di beberapa lokasi dan perangkat.
    Microsoft PowerPoint Web App. Memperluas pengalaman PowerPoint Anda ke Web dan nikmati layar penuh, presentasi dengan kualitas tampilan tinggi kami. Simpan presentasi online dan edit pekerjaan Anda melalui PowerPoint Web App ketika Anda berada jauh dari kantor, rumah, atau sekolah. 3

    Microsoft PowerPoint Mobile 2010. Tinggal saat ini dan segera ambil tindakan bila perlu menggunakan versi mobile yang disempurnakan PowerPoint khusus cocok untuk smartphone Anda. 4
  3. Buat presentasi berkualitas tinggi dengan pemandangan grafis.
Anda tidak perlu menjadi seorang ahli desain untuk menciptakan grafis yang tampak profesional. Gunakan tambahan puluhan SmartArt ® layout untuk menciptakan berbagai jenis grafis seperti bagan organisasi, daftar, dan gambar diagram. Mengubah kata ke visualisasi yang lebih mengesankan untuk menggambarkan ide-ide Anda. Buat diagram semudah mengetik sebuah daftar bullet atau mengkonversi teks dan gambar untuk diagram hanya dalam beberapa klik.
  1. Memikat audiens Anda dengan transisi baru dan peningkatan animasi.
    PowerPoint 2010 penawaran baru, transisi slide yang dinamis dan animasi efek yang terlihat seperti grafik yang Anda lihat di TV. Mudah diakses, dilihat, diterapkan, disesuaikan, dan untuk mengganti animasi. Anda juga dapat menggunakan Painter Animasi baru untuk dengan mudah menyalin Animasi dari satu objek yang lain.
  2. Mengatur dan mencetak slide Anda lebih efektif.
    Mudah mengatur dan menavigasi melalui slide menggunakan bagian slide. Membagi presentasi ke dalam slide logis kelompok-kelompok, mengubah nama bagian untuk membantu Anda mengelola konten seperti untuk menetapkan slide ke penulis tertentu-atau dengan mudah mencetak hanya satu bagian dari slide.
  3. Menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.
PowerPoint 2010 menyederhanakan bagaimana Anda mengakses fitur. Microsoft Office Backstage ™ yang baru menggantikan tampilan menu file tradisional untuk membiarkan Anda menyimpan, berbagi, mencetak, dan mempublikasikan presentasi Anda hanya dengan beberapa klik. Dan, dengan peningkatan Ribbon, Anda dapat mengakses perintah favorit Anda bahkan lebih cepat dengan customizing tab atau Anda membuatnya sendiri untuk mempersonalisasi pengalaman gaya kerja Anda.
  1. Bekerja pada beberapa presentasi dan beberapa monitor.
    PowerPoint 2010 memberi Anda jendela yang benar-benar terpisah untuk setiap presentasi yang Anda buka. Jadi, Anda dapat melihat dan mengedit beberapa presentasi secara mandiri, sisi-by-sisi, atau bahkan pada monitor yang terpisah.

Microsoft Access

Microsoft Access 2007

Database Relationship
Database relationship adalah relasi atau hubungan antara beberapa tabel dalam database yang kita
miliki. Relasi antar tabel dihubungkan oleh primary key dan foreign key.
Untuk membuat relationship maka masing
masing tabel harus memiliki primary key dan foreign key
untuk dapat menghubungkan antara tabel induk dengan tabel anak.

Tabel memiliki primary key, yaitu suatu atribut yang tidak hanya mengidentifikasi secara unik suatu
kejadian tetapi juga mewakili setiap kejadian dari suatu entitas.
Contoh Kasus :
• NIM dalam tabel Mahasiswa merupakan nilai unik yang tidak mungkin bersifat ganda. Karena
setiap mahasiswa memiliki NIM yang berbeda antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa
yang lain.
Foreign Key
Foreign key adalah atribut yang melengkapi relationship dan menunjukkan hubungan antara tabel
induk dengan tabel anak. Foreign key ditempatkan pada tabel anak.
Contoh Kasus :
• UKDW memiliki banyak fakultas yaitu Teknik, Biologi, Ekonomi, Teologi. Dimana satu fakultas
dapat dimiliki oleh banyak mahasiswa (One to Many). Relationship antar tabel dapat
digambarkan sbb :
Pada Gambar diatas terdapat relationship antara tabel Mahasiswa dan Fakultas. Masing
masing tabel
memiliki primary key. NIM merupakan primary key pada tabel Mahasiswa sedangkan ID_Fakultas
merupakan primary key pada tabel Fakultas dan foreign key pada tabel Mahasiswa.
Microsoft Access 2007Pengantar Komputer dan Internet 2009-2010
Langkah – langkah untuk membuat database relationship :
1. Click tab Database Tools pada jendela
2. Click Relationship pada ribbon Show/Hide
3. Kemudian akan muncul tab Relationship pada object tab dan kotak dialog Show Table,
kemudian pilih tab Tables
4. Click tabel Buku dan Penerbit lalu click button Add, kemudian hubungkan ID_Penerbit pada
tabel Penerbit dengan ID_Penerbit pada tabel Buku.
5. Kemudian akan muncul kotak dialog Edit Relationship. Click checkbox Enforce Referential
Integrity, lalu click button Create.
6. Setelah Click button create, muncul relasi tabel seperti gambar dibawah ini.

Membuat Query
Query adalah permintaan yang diberikan oleh user untuk mengambil informasi yang tersimpan dalam
database. Fungsi dari Query adalah untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai criteria dan urutan
yang kita kehendaki.
Contoh :
• Menampilkan mahasiswa yang tinggal di kota Semarang
• Menampilkan mahasiswa yang IPK
nya > 3
• Menampilkan mahasiswa yang memiliki nama tertentu
Query pada Microsoft Access
Langkah awal pembuatan query adalah dnegan mengklik menu/object Query :
Query pada Microsoft Access memiliki tiga bentuk yaitu :
1. Sql View
Perintah sql yang deiberkan untuk sebuah query
2. Query Design
Interface yang disediakan oleh Microsoft Access untuk melakukan query secara cepat dan mudah.
3. Query Wizard
Hasil tampilan data dari perintah query sesuai definisi dari design view atau sql view
Query dengan SQL View
SELECT
Perintah SQL untuk menampilkan data memiliki cara penulisan sebagai berikut :
SELECT * | [ kolom1,kolom2,...] FROM <nama table> [ WHERE <kondisi>];
�� SELECT artinya memilih kolom atau field mana yang akan ditampilkan
• Dapat berupa list kolom, suatu persamaan (operasi aritmatika), fungsi, obyek tertentu
• Dapat diketikkan * yang artinya menampilkan semua field yang dimiliki oleh table tersebut
�� FROM menunjukkan nama Tabel yang akan ditampilkan
�� WHERE untuk meletakkan definisi kondisi penyaringan
Berikut contoh query dan perintah SQL untuk penyelesaiannya :
1. Query : Tampilkan semua kolom yang ada pada table pegawai
SELECT * FROM pegawai;
2. Query : Tampilkan kode buku dan judulnya
SELECT kodebuku, judul FROM buku;
3. Query : Tanpilkan nim, nama, jenisKelamin dan tglLahir mahasiswa dengan nama field dari
jenisKelamin diberi alis “SEX” dan tglLahir diberi alias “Tanggal Lahir” dari table mahasiswa;
SELECT nim, nama, jenisKelamin as [SEX], tglLahir as [Tanggal Lahir];
Operator perbandingan yang dapat digunakan adalah :
�� = (sama dengan),
�� <> (tidak sama dengan)
�� LIKE (khusus untuk data char/varchar yang mencari data berdasarkan pola. Karakter khusus yang dapat
dimasukkan dalam operator LIKE antara lain % untuk sembarang lebih dari satu karakter, _ atau garis
bawah untuk mewakili sembarang satu karakter),
�� BETWEEN nilai_awal AND nilai_akhir (untuk menguji apakah suatu nilai berada di antara nilai_awal dan
nilai_akhir),
�� >, >=, <, <= (lebih besar, lebih besar atau sama dengan, lebih kecil, lebih kecil atau sama dengan),
�� IS NULL atau IS NOT NULL (digunakan untuk menguji apakah nilai suatu kolom kosong atau tidak)
Microsoft Access 2007Pengantar Komputer dan Internet 2009-2010
Selain itu, jika anda memiliki dua atau lebih ekspreis perbandingan, anda harus menggunakan salah satu dari
operator logika berikut:
�� AND, anda akan menghasilkan nilai true jika dan hanya jika kedua nilai yang dibangingkan bernilai true,
�� OR, akan menghasilkan nilai true jika dan hanya jija salah satu dari dua nilai yang dibandingkan bernilai
true
Contoh :
Tampilkan semua anggota yang berinisialisasi JONI.
SELECT * FROM anggota WHERE nama LIKE ‘JONI%’;
Kode
kode lain untuk baris Criteria yang dapat dipakai sesuai kebutuhan :
• Tanda > untuk lebih besar dari
• Tanda < untuk lebih kecil dari
• Tanda >= untuk lebih besar dari atau sama dengan
• Tanda <= untuk lebih kecil dari atau sama dengan
• Tanda = untuk sama dengan
• Tanda ? menunjukkan satu karakter. Misal kita mengetikkan E? artinya kita akan mencari nama Er, En,
Ek, Et, dan lain
lain tetapi TIDAK akan mencari Erhans atau Eni atau yang lainnya yang lebih dari dua
huruf.
• Tanda * Menunjuk pada banyak karakter. Misal kita ketik E* artinya kita akan mencari nama Erhans atau
Eni atau nama lain yang berhuruf awal E.
• NOT untuk TIDAK menampilkan. Misalnya kita tidak ingin menampilkan mahasiswa yang berasal dari
kota Yogyakarta maka pada tabel MAHASISWA dengan field KOTA di kolom isian Criteria kita ketik
dengan not “Yogyakarta”
Mengurutkan Data
1. Klik di baris Sort pada tabel MAHASISWA dengan field NAMA jika ingin mengurutkan data nama
2. mahasiswa.
3. Klik Ascending untuk mengurutkan dari A hingga Z. Klik Descending untuk mengurutkan dari Z
4. ke A. Klik (not sorted) untuk membatalkan pengurutan.
5. Pilih toolbar DESIGN kemudian klik !Run
Caranya :
1. masuk ke tab Create
2. klik Query design
3. klik kanan kemudian pilih SQL View
4. ketikkan perintah query nya
5. setelah selesai klik tombol tanda seru untuk mengeRUN query anda
Latihan :
1. Buatlah 3 table yaitu mahasiswa, matakuliah dan peserta
Table mahasiswa
Table matakuliah
Table peserta
2. Buatlah relationship databasenya seperti
3. Tampilkan
a. tampilkan table peserta dengan semua field ditampilkan
b. tampilkan table mahasiswa dengan semua field ditampilkan dimana field tglLahir diberi alias “Tanggal
Lahir” dan field jenisKelamin diberi alias “Jenis Kelamin”
c. tampilkan table matakuliah dengan semua field ditampilkan dimana yang ditampilkan ada matakuliah
dengan harga kurang dari sama dengan 3
d. tampilkan semua nilai dari tiap matakuliah yang diambil oleh mahasiswa dengan field yang
ditampilkan adalah kode matakuliah (urut secara ASCENDING), nim dan nilai dari table mahasiswa
dan peserta
e. tampilkan field kode matakuliah (urut secara ASCENDING), nama matakuliah, sks, nim, nama, nilai,
semester dan ipk dari table matakuliah, mahasiswa dan peserta
Design View
Berikut ini adalah beberapa langkah pembuatan Query dengan Design View
1. Pilih toolbar Create kemudian pilih Query Design.
2. Akan muncul sebuah jendela untuk memilih tabel. Klik nama tabel yang dipilih kemudian klik Add.
Jika tabel yang akan dipilih lebih dari satu maka tabel
tabel tersebut harus saling berkaitan
dalam relationships.
3. Kemudian akan muncul jendela seperti berikut
4. Masukkan nama tabel dan field yang kita perlukan dalam pembuatan query
5. Tampilkan mahasiswa yang memiliki IPK kurang dari sama dengan 3.
Caranya : ketik pada baris Criteria yang kosong dengan <= 3
Simpan Query dengan nama IPK<=3 klik run
Belajar sendiri materi query wizard! selamat mencoba.
Query Wizard
Cara membuat Query dengan Query Wizard akan lebih mudah karena kita akan dibantu oleh Ms. Access.
Berikut ini adalah langkah
langkah membuat Query dengan Query Wizard :
1. Buka File database yang kita miliki kemudian pilih toolbar Create kemudian klik Query Wizard.
2. Kemudian akan muncul kotak New Query. Lalu kita pilih Simple Query Wizard. Klik OK
3. Kemudian kita pilih tabel yang kita perlukan pada pilihan Tabel/Queries.
4. Klik > untuk memilih field yang kita perlukan dalam query.
5. Klik < untuk membatalkan.
6. Klik >> jika kita memerlukan semua field yang ada.
7. Pilih field NIM, NAMA dan IPK.
8. Klik Detail(show every fields of every record) atau Summary.
9. Kemudian klik Next akan muncul jendela baru kemudian beri nama pada query yang telah dibuat
dan pilih Open the query to view Information.
10. Klik FINISH.